Menurut kami, ada tiga komponen yang sangat penting dalam industri penerbangan. Pertama adalah KESELAMATAN, kedua KETEPATAN jadwal penerbangan dan ketiga PELAYANAN yang ramah. Beberapa kali kami keluar negeri menggunakan maskapai Garuda Indonesia (GA), tentu saja itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami, karena sebagai orang Indonesia, kami ingin bangga ada logo dan nama Indonesia di negeri orang. Sehingga orang semakin tahu bahwa Indonesia punya maskapai besar bernama Garuda Indonesia.
Rasa cinta kami kepada Garuda Indonesia jugalah, yang membuat kami meluangkan waktu untuk ikut memikirkan beberapa masukan yang ingin menyampaikan sebagai berikut :
1. Pada saat rekrutmen generasi baru, mulai saat ini juga, pilih crew atau calon crew yang mau dan dapat (will & can) mendukung visi Garuda akan keselamatan, ketepatan dan keramahan pelayanan.
2. Perawatan berkala yang secermat mungkin dengan teknologi canggih, agar tidak ada delay karena kerusakan, oli bocor dan sejenisnya.
3. Presentasi lisan crew di kabin harus lebih humanis, jangan terdengar 'kaku' dalam menyampaikan pengumuman atau informasi lainnya. Jangan terlalu 'text book'-lah.
4. Kembangkan kreatifitas di dalam kabin saat banyak anak-anak ikut terbang, khususnya dimusim liburan sekolah atau hari-hari besar. Ingat, anak-anak yang sekarang adalah calon konsumen Garuda dikemudian hari. Buat mereka terkesan.
5. Tanpa mengurangi rasa hormat kami kepada maskapai harga ekonomis, kami sampaikan bahwa Garuda Indonesia tidak perlu berlomba untuk ikut serta dalam penerapan tarif ekonomis, karena semakin lebih mahal tarif GA namun image keselamatan, ketepatan dan keramahan pelayanan yang memuaskan, pasti GA akan tetap memimpin pasar penerbangan di tanah air.
6. Variasi makanan dan minuman yang harus lebih banyak. Khususnya menu untuk anak-anak, vegetarian, manula, penderita diabetes, dll.
7. Audio Video saat dalam penerbangan di kabin, usahakan yang membuat para penumpang pesawat sekain mengenal Indonesia. Putar film-film dokumenter tentang Nusantara, musik dan lagu dari musisi Indonesia atau lagu-lagu daerah populer. Produksi secara khusus video tentang liputan budaya, seperti Reog Ponorogo, Tari Saman, Pendet, dll. Karena para penumpang pesawat tidak punya pilihan lain, kecuali tidur pulas.
8. Jika ingin memberikan Gift kepada penumpang anak-anak, bisa yang lebih Indonesiawi, seperti miniatur dari Borobudur, Pura Bali, Monas, dll.
Wah, mungkin masih ada beberapa lagi yang dapat kami sampaikan, tapi waktu kami terbatas sampai disini dulu. Terima kasih telah membaca masukan kami.
Salam dari kami, RIO di Jakarta.
04 Januari 2008
Eurostar Yang Smooth
Dalam perjalanan dari London ke Paris tahun lalu, kami mencoba transportasi kereta super cepat EUROSTAR. Sungguh suatu pengalaman yang sangat mengesankan, karena kereta tersebut bukan hanya bersih dan nyaman, tetapi juga smooth atau halus sekali, seperti tidak berjalan diatas rel. Suara gaduh "dig dug dig dug", seperti yang kita dengar jika kita menumpang kereta eksekutif Argo dari Jakarta ke Bandung atau Surabaya, tidak ada sama sekali. Padahal kereta tersebut sangat cepat.
Pelayanan di dalam kabin pun sangat memuaskan, dalam hal keamanan koper-koper yang kita bawa. Kami sudah membuktikannya sendiri. Makanan dan minuman pun sangat generous, kita bisa minum air mineral Perrier atau Wine asli Perancis sesuka kita. Kami hanya ingin menyampaikan yang sesungguhnya, ini bukan iklan atau propaganda, tapi sekedar sharing yang dapat juga Anda rasakan jika ada kesempatan menumpang Eurostar di Eropa. Terima kasih.
Salam dari RIO di Jakarta
Pelayanan di dalam kabin pun sangat memuaskan, dalam hal keamanan koper-koper yang kita bawa. Kami sudah membuktikannya sendiri. Makanan dan minuman pun sangat generous, kita bisa minum air mineral Perrier atau Wine asli Perancis sesuka kita. Kami hanya ingin menyampaikan yang sesungguhnya, ini bukan iklan atau propaganda, tapi sekedar sharing yang dapat juga Anda rasakan jika ada kesempatan menumpang Eurostar di Eropa. Terima kasih.
Salam dari RIO di Jakarta
Langganan:
Postingan (Atom)